20 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Presentasi Menarik dan Efektif

dari | 17 April 2017
Harus Diperhatikan dalam Presentasi

20 Hal yang harus diperhatikan dalam presentasi menarik dan efektif, topik pembahasan arsaskafri.com kali ini. Bagi anda yang mempunyai pekerjaan, kuliah atau sekolah yang dituntut presentasi kadang bingung bagaimana cara memberikan presentasi yang dapat menarik perhatian audience. Presentasi yang menarik bisa mendapatkan nilai plus bagi kamu yang sekolah, kuliah, atau presentasi yang menarik dapat membuat kamu menang tender bagi anda pengusaha, mungkin juga dengan presentasi yang baik kamu akan memperoleh jabatan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, dll. Sehingga presentasi merupakan suatu hal yang penting untuk merepresentasikan suatu progam atau rancangan yang anda ajukan. Kita langsung saja dibahas 20 Hal yang Harus diperhatikan dalam Presentasi supaya menarik dan efektif.

 20 Hal yang Harus diperhatikan dalam Presentasi, adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan Materi dalam Presentasi

Materi dalam presentasi sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Hal ini bertujuan agar benar-benar siap pada saat melakukan presentasi berlangsung. Usahakan agar materi tetap selaras dan nyambung dengan topik pembicaraan. Dengan begitu akan mengurangi resiko kesalahan seperti keluar dari topik pembahasan yang terkadang sering terjadi saat presentasi.

  1. Antusias dan bersemangat dengan pesan yang mau disampaikan.

Tidak ada modal terhebat selain antusiasme dan semangat. Keduanya adalah bahan bakar. Sehingga audiens tidak cepat bosan dan mengantuk.

  1. Bikin Simpel.

Semua materi yang rumit dibikin simpel dan jelas. Buat slide anda sesimpel mungkin. Audiens membaca lebih cepat dari anda berbicara. Jadi tulis point utama saja, satu point dalam satu slide.

  1. Perhatikan Agar Tulisan Harus Jelas

Dalam pembuatan slide dalam presentasi sebaiknya memperhatikan agar tulisan dapat terlihat jelas dari sudut pandang manapun.

  1. Warna

Gunakan warna secara bijak, kombinasi warna haruslah selaras, perhatikan kontras warna huruf dan latar belakang.

  1. Fokus ke audiens.

Presentasi yang baik fokus ke menambah pengetahuan buat audiens, bukan canggih-canggihan materi.

  1. Pikirkan, Rasakan, Lakukan

Pikir apa yang audiens akan pikirkan, rasakan dan lakukan setelah dengar presentasi kita. Jangan buat rumit.

  1. Gunakan Gambar, jangan banyak kata di slide.

Otak manusia lebih menyimpan gambar daripada kata-kata. Gambar jadi pointer pengingat.

  1. Kuasai Materi Presentasi.

Pastikan tau betul apa yang mau disampaikan. Jangan asal baca, pelajari mendalam dan riset lagi.

  1. Kenali Audiens.

Kenali semua audiens anda dari jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, dll. Sehingga jadi tau bagaimana mendekatkan diri dan membahasakan.

  1. Perhatikan Waktu Dalam Proses Presentasi

Gak perlu bicara panjang dan lama. Lebih baik efisien, efektif, tujuan tercapai. Manusia cepat bosan.

  1. Lebih baik bercerita dengan pengalaman pribadi.

Di dalam presentasi audiens lebih suka dengan cerita dan pengalaman pribadi anda berhubungan dengan materi, dibandingkan dengan sains sih ada di buku.

  1. Fakus pada Dampak.

Presentasi yang efektif itu penyampaian pesan ke audiens sehingga bisa merubah pola pikir dan fokus pada dampaknya yang akan dialami audiens.

  1. Tutur Bahasa yang Digunakan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah tutur bahasa. Sebelum melakukan presentasi sebaiknya Anda mengetahui teknik komunikasi yang efektif. Anda harus melihat terlebih dahulu di mana Anda akan melakukan presentasi. Jika memang berada pada posisi formal seperti di perusahaan, sebaiknya Anda gunakan tata bahasa yang lebih baik dan formal. Hal ini jelas berbeda ketika melakukan presentasi di kalangan umum atau ibu-ibu rumah tangga, yang hanya memerlukan kata-kata sopan agar mereka lebih paham mengenai apa yang dijelaskan.

  1. Gaya Bahasa

Gaya bahasa, intonasi, tempo, tinggi rendah suara, penekanan kata. Hal-hal tersebut cukup vital dalam penjelasan materi, karena dapat mempermudah audiens untuk memahami materi.

  1. Hindari penggunaan animasi dan sound effect yang glamor.

Animasi dengan diiringi sound effect yang glamour justru menyebabkan presentasi anda tidak profesional, berkesan kekanak-kanakan, dan tidak serius.

  1. Pertimbangkan untuk membuat tombol-tombol link.

Dengan tombol-tombol yang langsung menghantarkan pada slide tertentu, sehingga bisa melompat maju ataupun mundur tanpa harus melewati silde demi slide. Hal ini seringkali diperlukan.

  1. Penampilan Menarik

Berpenampilan yang rapi dan menarik, ini bisa membuat audiens senantiasa memperhatikan anda.

  1. Komputer Memadai

Gunakanlah komputer dengan spesifikasi yang memadai jika power point Anda banyak atau berukuran besar, agar tidak terjadi “lemot” dan tidak membuat value kita menjadi menurun.

  1. Berkarakter

Jadilah pembicara yang berkarakter dan tidak merasa pintar dari pada audiens yang ada.

Demikianlah arsaskafri.com tentang 20 Hal yang Harus diperhatikan dalam Presentasi sehingga diharapkan kita bisa membuat dan melakukan presentasi yang menarik dan efektif. Semoga posting kali ini bermanfaat.

Kritik, saran dan pertanyaan bisa ditulis pada kolom komentar di bawah. Dan mohon bantu share untuk ibadah kita semua. Terima kasih.

Klik di bawah to home

home

 

Silakan Bagikan:

One thought on “20 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Presentasi Menarik dan Efektif

  1. chocolate

    Hi there! Someone in my Facebook group shared this website with us so
    I came to give it a look. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and
    will be tweeting this to my followers! Outstanding blog and fantastic style and design.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*