Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)

dari | 5 Desember 2017
Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D

Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vektor) merupakan pembahasan arsaskari.com untuk kali ini. Dalam matapelajaran Animasi 2D dan 3D terdapat salah satu KD (Kompetensi Keahlian) pada Paket Keahlian Multimedia:

3.1.      Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

4.1       Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

Adapun tujuan dari KD (Kompetensi Keahlian) di atas pengunjung dapat memahami dan mampu menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector). untuk lebih mudah memahami prinsip dasar animasi 2D (vector), maka dilengkapi dengan tayangan youtube di bawah ini.

Sejarah Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)

Kelahiran animasi sudah dimulai sejak jaman batu yaitu lebih dari 15000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan dan cerita bergambar pada dinding gua jaman paleolitikum. Berabad-abad kemudian perkembangan cerita bergambar sampai pada bangsa Mesir kuno yaitu pada tahun 2000 SM yang sering sekali menggambar subjek yang diceritakan dalam bentuk pergerakan. Salah satu gambar yang ditemukan adalah beberapa gambar posisi gulat pada jaman Mesir. Kebiasaan menggambar ini juga diikuti oleh bangsa Yunani dan Romawi.

Perkembangan cerita bergambar pada jaman kuno inilah yang merupakan cikal bakal teknik animasi jaman sekarang. Pada tahun 1914, Winsor McCay membuat animasi bernama Gertie the Dinosaur. Pada tahun berikutnya Otto Mesmer membuat animasi bisu dengan plot cerita terkenal yaitu Felix the Cat.

Pelopor dunia animasi adalah Walt Disney dan Roy Disney. Pada tahun 1923 mereka membuat animasi fantasi disertai iringan musik dengan tokoh kartun seekor tikus bernama Mortimer, sebuah tokoh cikal bakal Mickey Mouse. Setelah sukses dalam menghidupkan Mickey Mouse mereka membuat animasi “White snow and seven dwarfs” dan berbagai animasi lainnya yang sukses sampai sekarang dinaungi oleh Pixar Animation.

Pengertian Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)

Animasi berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup.

Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak, sedangkan dasar adalah sederhana atau paling bawah. Kemudian pembuatan animasi adalah pembuatan serta menumpukan beberapa gambar secara bergantian dan berurutan sehingga seoleh-olah bergerak, terus yang terakhir 2D (vector) didefinisikan memiliki dua sumbu untuk plot, biasanya sumbu x dan sumbu y.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan pengertiaan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vektor) adalah pedoman sederhana dalam menumpukan beberapa gambar secara bergantian dan berurutan dalam tempo cepat, dengan pembuatan gambar memakai sumbu x dan y sehingga seolah-olah bergerak.

Gambar akan ditampilkan mulai dari urutan pertama sampai terakhir sehingga seolah-olah gambar yang ada bergerak, misalnya gambar bola bergerak dari bawah keatas. Kecapatan gerak gambar tergantung pada delay yang diberikan antar gambar. Semakin kecil delay maka akan semakin cepat pula gerakan gambar tersebut.

Konsep Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)

Adapun konsep prinsip pembuatan animasi 2D (vector) adalah dengan menumpuk beberapa gambar secara berurutan dalam tempo yang cepat seolah-olah gambarnya bergerak padahal tidak, ini dikarenakan fenomena kelemahan mata manusia yang disebut: persistence of vision (pola penglihatan yang teratur) membuat gambar seolah-olah bergerak.

Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

Silakan download modul *.pdf, di sini

Demikian saja postingan arsaskafri.com kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada salah. Terakhir kalau ada kritik, saran, dan pertanyaan boleh tulis dikolom komentar di bawah. Terima kasih.

klik di sini atau gambar ke home

home

Silakan Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*